Lean Manufacturing


Gambar ini menunjukkan dua tahapan proses untuk merubah bahan baku menjadi produk siap dikemas atau dijual.

Dari Proses-1 keluarannya/ouput langsung mengalir ke Proses-2. Kemudian keluaran/output Proses-2 langsung dikemas. Hal seperti ini sangat mungkin terjadi apabila setiap proses pada kondisi High Capability Process (Kemampuan Proses Tinggi), seperti tergambar pada kurva Normal Distribution.


Gambar berikut adalah tahapan proses yang berbeda dengan proses diatas.

Proses 1 tidak langsung ke Proses 2, tetapi ada tindakan terhadap keluaran/output. Demikian pula output dariProses 2 diikuti dengan tindakan.

Hal seperti ini terjadi oleh karena kondisi Low Capability Process (Kemampuan Proses Rendah).

High Capability Process (Kemampuan Proses Tinggi) adalah suatu keadaan dimana tidak ada defect/cacat dan tidak ada reject/gagal, kalaupun ada sangat kecil. Dengan kata lain semuanya berada didalam batas spesifikasi (in-control). Dan data individual terpusat ke target, seperti tergambar pada kurva distribusi normal.
Low Process Capability (Kemampuan Proses Rendah) merupakan kebalikan dari High Process Capability. 

Pada Low Process Capability sebaran data melebar, ada defect, ada reject, ada out-of-control, dan data tidak terpusat ke target. 

Gambarannya berupa Kurva Distribusi Normal berikut.


Akibat dari proses berkemampuan rendah maka dibutuhkan tindakan.

Tindakan tersebut berupa: inspeksi/pemeriksaan, pengujian laboratorium, analisa, dan perbaikan. Ini semua tentunya membutuhkan alat tambahan, bahan baku, waktu banyak, tenaga kerja banyak, ruangan khusus. Sehingga layak disebut ada Pabrik didalam Pabrik (Hidden Facotry). 

Dampaknya pengiriman output ke pembeli menjadi sangat terlambat. Dampak lain adalah biaya semakin meningkat.

Tindakan Hindden Factory tersebut sesungguhnya tidak diperlukan karena semakin rendah kemampuan proses maka semakin tinggi biaya yang harus dikeluarkan.

Tindakan tersebut harus dihilangkan/eliminir, atau dikurangi secara sungguh-sungguh oleh Tenaga Kerja yang ada, jangan lengah. Caranya: gunakan metode yang sangat populer, powerful dan sudah terbukti, yaitu ini atau ini

Secara metrik, Proces Capability ditunjukkan dengan Indeks Cp, Cpk, Pp, Ppk dan Nilai Sigma. Semakin baik suatu proses semakin tinggi nilai indeks.

Cara menghitung indeks dapat ditemukan di blog ini postingan berjudul Cp Cpk disini atau Nilai Sigma disini.

Sekian, semoga bermanfaat.
Salam***